Transformasi Pelaporan BOSP: Bimtek Pelaporan BOSP Jenjang Sekolah Dasar Jeneponto Siap Tingkatkan Akuntabilitas Sekolah

Dalam rangka meningkatkan kemampuan pengelolaan dan pelaporan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jeneponto mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pelaporan BOS pada tanggal 1-3 Agustus 2024. Acara ini berlangsung di Hotel Grand Palace yang dihadiri oleh bendahara BOS, dan operator sekolah jenjang sekolah dasar di Kabupaten Jeneponto.

Manajer Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Dr. Ferawati Azis, M.Pd, dalam sambutannya menyampaikan pentingnya transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan dana BOS. “Pelaporan yang baik dan tepat waktu akan memberikan dampak positif bagi peningkatan mutu pendidikan di daerah kita. Oleh karena itu, melalui Bimtek ini, kami berharap para peserta dapat memahami dengan baik prosedur pelaporan dan teknis pengelolaan dana BOS,” ujar beliau.

Selama tiga hari, para peserta mendapatkan materi dari narasumber yang kompeten di bidangnya. Materi yang disampaikan meliputi tata cara penyusunan laporan keuangan BOS, penggunaan aplikasi pelaporan BOS secara online, serta strategi dalam mengatasi kendala yang sering dihadapi dalam proses pelaporan. Selain itu, para peserta juga diajak untuk melakukan simulasi pelaporan agar lebih memahami langkah-langkah praktis dalam menyusun laporan yang benar.

Diharapkan dengan adanya Bimtek ini, kualitas pelaporan dana BOS di Kabupaten Jeneponto akan semakin baik, sehingga mampu mendukung peningkatan kualitas pendidikan di daerah ini.