Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Jeneponto, Gelar Bimtek Arkas Tingkat SDN Empat Tahap di Makassar

Dinas Pendidikan dan kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Jeneponto menggelar bimbingan teknis (Bimtek) Peningkatan Kapasitas Pengelolaan Dana Bos dan penggunaan aplikasi Arkas pada tingkat satuan pendidikan SDN se kabupaten Jeneponto, Kegiatan tersebut berlangsung di Hotel Grand Palace, Jl.Tentara Pelajar No 50 Makassar, Sulsel, Senin (19/02/2024).

Kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan selama Empat tahap.Tahap pertama dimulai tanggal 19 hingga 21 Februari 2024.Tahap kedua tanggal 22 hingga 24 Pebruari 2024. Tahap ketiga tanggal 25 hingga 27 Pebruari 2024 dan tahap Empat tanggal 28 hingga 30 Pebruari 2024 dengan peserta para kepala SDN beserta bendaharanya dan dalam satu tahap peserta Bimtek Arkas tingkat Sekolah dasar (SD).

Bimtek diikuti sebanyak 72 orang dengan jumlah keseluruhan peserta bimtek Arkas tingkat Sekolah dasar (SD) yang hadir selama empat tahap kegiatan tersebut dilaksanakan sebanyak 288 orang.

Kepala Dinas Pendidikan dan kebudayaan kabupaten Jeneponto H. Uskar Baso yang membuka kegiatan Bimtek mengatakan bahwa tujuan di laksanakannya Bimtek untuk memberi pemahaman kepada peserta tentang pengelolaan dana Bos.

Kadis menekankan kepada peserta bahwa pengelolaan dana BOS harus sesuai petunjuk teknis yang dikeluarkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Lebih lanjut Kadis mengingatkan, bahwa penggunaan dana BOS harus di pertanggung jawabkan dan sesuai dengan peruntukannya. Sekolah juga wajib melakukan perencanaan, penganggaran dan pelaporan melalui aplikasi Arkas.

Dia juga menegaskan kepada kepala sekolah dasar untuk tidak menggunakan dana BOS di luar konteks juknis. Bila itu dilakukan, dapat menjadi persoalan di kemudian hari, jelasnya.

“Saya harap kepala sekolah dasar dan bendahara BOS sekolah dasar dapat sejalan dalam pengelolaan dana Bos tersebut,” harap H.Uskar Baso

Hadir dalam kegiatan acara Bintek tersebut, Kabid Sapras SD Hasanuddin, Kasi Kurikulum, kr Romo, Dr. Alfian Arfandi Syam (kepala Bappeda) H. A. Armawi Paki (kepala BPKAD) BPMP SulSel dan Inspektorat Kabupaten Jeneponto.

sumber : https://www.koransinarpagijuara.com/2024/02/23/dinas-pendidikan-dan-kebudayaan-jeneponto-gelar-bimtek-arkas-tingkat-sdn-empat-tahap-di-makassar/